Minggu, 06 September 2015

KONSEP DESIGN RUMAH MINIMALIS

Pengertian Konsep Desain Rumah Minimalis sudah begitu nge-trend, khususnya di Indonesia. Kita sering melihat penawaran-penawaran rumah dari developer di Indonesia dan seakan-akan konsep desain rumah minimalis ini sudah menjadi nilai plus dan selalu di buru. Sebetulnya apa pengertian dan wujud desain rumah minimalis itu dan apa perbedaannya dengan jenis konsep desain lainnya, misalnya di bandingkan dengan konsep desain rumah kontemporer, desain rumah modern atau rumah model klasik dan tradisional. Berbicara mengenai Konsep Desain Rumah Minimalis kita akan melihat dari sudut pandang mulai dari Desain Layout Rumah, Desain Interior Rumah, Desain Furniture Rumah, Desain Exterior Rumah sampai Penataan Taman Rumah. Idealnya kalau kita bicara Konsep Rumah Minimalis tentunya mempertimbangkan semua komponen-komponen tersebut yang artinya antara bagian saling mendukung dan konsisten, walaupun ini tidak mutlak demikian. Karena sah-sah saja orang membuat konsep interior rumah dengan konsep minimalis, sementara bagian luar / exterior terlihat modern atau bahkan klasik.

Konsep, Arti dan Ciri Khas Desain Rumah Minimalis
Seperti bagaimana ciri-ciri rumah minimalis ?, saya akan membagi berdasarkan komponen-komponen yang sudah di sebutkan diatas yaitu Desain Layout Rumah, Desain Interior Rumah, Desain Furniture Rumah, Desain Exterior Rumah sampai Penataan Taman Rumah.

Desain Layout Rumah Minimalis : Untuk layout biasanya rumah minimalis sifatnya terbuka, tidak banyak tembok-tembok pembatas di dalamnya. Mungkin hanya bagian-bagian yang bersifat privasi saja yang harus ada tembok seperti kamar tidur dan kamar mandi. Sementara antara Ruang Tamu dan Ruang Keluarga dibiarkan terbuka. Untuk membatasi antara Ruang Tamu dan Ruang Keluarga cukup di beri Sekat Partisi yang sifatnya flexible dan tidak permanen. Selain itu antara Ruang Keluarga dan Ruang Makan atau Dining Room juga di biarkan terbuka tanpa tembok permanen. Demikian juga dengan Dapur biasanya malah terlihat menyatu dengan Ruang Makan, sehingga kesan secara keseluruhan rumah minimalis sangat minim dengan keberadaan tembok-tembok yang berdiri sebagai sekat di dalam rumah.

Desain Interior Rumah Minimalis : Untuk interior rumah, konsep minimalis juga bisa menjadi penilaian. Salah satu yang paling menonjol adalah minimnya ornamen-ornamen di dalam rumah, contohnya untuk plafon rumah dibiarkan polos tanpa banyak lekukan-lekukan atau ornamen berupa ukiran yang biasanya ada di rumah klasik. Interior rumah minimalis mengandalkan garis-garis yang simetris baik vertikal maupun horisontal. Kemudian untuk Jendela Rumah Minimalis dan Teralis Besi nya pun dipilih model yang simple. Sedangkan untuk kelambu atau korden juga modelnya simple tanpa banyak variasi, namun coraknya tegas dan memainkan warna-warna yang kontras namun tetap serasi dengan ruangan. Secara umum interior rumah minimalis mengesankan penataan yang simple namun elegan.

Desain Furniture Rumah Minimalis : Nah urusan furniture ini juga memberikan efek dominan untuk rumah yang membawa konsep minimalis. Furniture untuk rumah minimalis biasanya polos tanpa banyak ukiran, mengandalkan warna-warna yang tegas seperti coklat atau hitam dengan perpaduan warna yang kontras seperti putih, kuning, biru atau merah. Kalau kita biasanya melihat meja kursi dan sofa untuk rumah klasik banyak terdapat ukiran-ukiran untuk list kayunya. Di rumah minimalis kita melihat perabotan tersebut tanpa ukiran, contohnya Kursi Sofa biasanya kayu-nya warna hitam atau coklat dan dipadukan dengan warna sarung busanya putih atau warna-warna terang lainnya. Kemudian untuk Meja Tamu, Meja Console dan sebagainya juga terkesan simple dan praktis.

Desain Exterior Rumah Minimalis : Bagian exterior rumah minimalis sangat mudah dikenali. Pada umumnya rumah minimalis mengandalkan garis-garis simetris baik vertikal maupun horisontal yang berfungsi baik sebagai pilar maupun hanya sekedar hiasan saja. Tapi pada umumnya multifungsi untuk penghematan biaya, misalnya di terapkan pada Teras Rumah,Balkon Rumah, Canopy sampai model Desain Pagar Rumah.

Taman Rumah Minimalis : Taman rumah minimalis biasanya mengandalkan tanaman di sudut-sudut tertentu dengan pohon besar seperti palem dan di dukung oleh tanaman-tanaman pendek di sekelilingnya. Kemudian mayoritas lahan kosong di tanami rumput jepang atau rumput gajah. Sehingga yang terlihat adalah hamparan rumput dengan taman-taman kecil dan ditambah Kolam Ikan dengan model minimalis juga.

Manfaat Konsep Desain Minimalis
Konsep desain rumah minimalis sebetulnya awalnya dibuat untuk me minimalisasi biaya dengan mengurangi cost seperti banyaknya ornamen dan pemakaian tembok yang berlebihan di dalam rumah. Selain itu pada akhirnya Rumah Minimalis juga terlihat elegan dan anggun dari sisi desain dan penampilan. Rumah minimalis bukan hanya di dominasi oleh rumah tipe kecil sampai menengah saja, namun banyak sekarang kita jumpai rumah-rumah besar yang mengusung konsep desain minimalis. Dalam perkembangannya orang pada akhirnya tidak mempertimbangkan biaya lagi, karena sekarang telah berkembang Konsep Desain Rumah Modern Minimalis, perbedaannya disini hanya pada pemakaian material-material modern seperti steenlist, marmer atau batu alam untuk mempercantik dinding exterior maupun interior rumah. Yang harus di perhatikan adalah jangan sampai menghilangkan konsep minimalis yang bukan hanya mempertimbangkan dari sisi biaya saja melainkan juga harus mempertimbangkan sisi fungsional nya juga. Karena tidak jarang kita jumpai dalam pembangunan rumah banyak kita temui ruangan-ruangan yang pada akhirnya kurang berfungsi, atau beberapa ruangan yang terlalu luas tapi kurang berperan dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar